selamat datang di blognya komarudin, S.Pd, silahkan nikmati layanan yang saya sediakan

Kamis, 26 Juli 2012

kesejahteraan melaluai Penggalangan Dana Online


Zakat dalam meningkatkan
kesejahteraan masayarakat melaluai Penggalangan Dana Online

Zakat merupakan pembersihan dan penyucian harta yang kita miliki dan mengeluarkan zakat dalam ajaran agama hukumnya wajib ( Fardlu ‘ain ) bukti bahwa ajaran suatu agama mengajarkan untuk hidup berdampingan antar sesama saling membantu  dalam artian orang yang memberi zakat ( Muzaki ) dan penerima zakat ( Mustahik ).

Printah wajib mengeluarkan zakat yang ditendensikan dalam firman Allah SWT dalam surat At –Taubah ayat 103 yang artinya :“Ambilah Zakat dari sebagian harta mereka dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka, dan berdoalah untuk mereka” dan diperetegas lagi dalam Surat Al Baqoroh ayat 43 yang artinya : “Dan dirikan sholat, tunaikan zakat, dan rukuklah beserta orang-orang yang rukuk.

Zakat mempunyai peranan penting dalam mensejahterakan masyarakat, yakni merupakan lembaga sosial yang bermanfaat bagi kehidupan manusia sebagi Lembaga Zakat Dompet Dhuafa, yang dapat mengurangi dan memperkecil jurang pemisah antara yang kaya dan yang miskin. Adapun beberapa fungsi zakat diantaranya :

1.    Merupakan pelaksanaan kewajiban seorang muslim
2.    Sebagai pembuktian rasa Syukur kepada Allah SWT atas Rizki yang telah dianugrahkan Nya.
3.    Untuk pensucian harta yang dimiliki
4.    Membiasakan untuk disiplin atas perintah Allah dan Rasull Nya
5.    Untuk menghilangkan sifat kikir dan tamak
6.    Mendidik kepada kita semua agar mempunyai rasa kasih sayang terhadap sesama ( Fakir Miskin )
7.    Memberikan ketentraman bagi orang yang baru masuk Islam
8.    Menjadi sumber dana untuk perjuangan umat muslim
9.    Mengurangi tingkat tindak kejahatan di tengah masyarakat

Dilihat dari beberapa fungsi zakat yang ada diatas sangatlah penting peranan zakat dalam meningkatakan kesejahteraan masyarakat khususnya bagi fakir miskin. Ada beberapa golangan yang wajib menerima zakat diantara golongan yang wajib menerimanya adalah Fakir miskin, Amilin, Mualaf, Hamba Sahaya, Garimin, Sabilillah, Ibnu Sabil dan lain – lain.

Allah SWT memberikan rezeki kepada mahluk cipataan Nya disertai dengan hak – hak untuk di zakatkan  kepada golongan yang wajib menerima zakat tersebut. Dengan mengeluarkan zakat, secara tidak langsung kita membiasakan diri untuk hidup lebih peduli dengan sesama yang membutuhkan akan uluran dari tangan – tangan orang yang memberi zakat, dan jiwa kita akan lebih merasakan penderitaan dan kekuarangan orang lain sehingga nantinya akan menumbuhkan rasa syukur akan karunia yang telah diberikan oleh Allah SWT sehingga dalam menyikapi hidupnya tidak selalu memandang keatas ( Kekurangan ), akan tetapi selalu memandang kebawah bahwasanya masih banyak orang disekitar kita yang lebih memerlukan bantuan kita

Zakat dapat dijadikan aset yang cukup besar bagi perjuangan islam dengan pengelolaan zakat yang benar dan sebagaimana mestinya disesuaikan dengan hukum Syara yang mengatur tentang zakat tersebut. Dengan banyak nya lembaga pengelola zakat yang mengelola zakat dari muzakqi, dengan menunaikan zakat bearti kita telah berperan dalam membersihkan harat kekayaan kita.

Secara produktif, pendaya gunaan zakat tampak lebih kongrit dalam meningkatkan kesejahteraan masayarakat. Dihiruk pikuk nya kehidupan masyarakat yang ada pada saat ini, yang sibuk dengan kerjanya  banyak lembaga pengelola zakat menerima zakat dari muzaqi ( pemberi zakat ) untuk memberi pelayanan baik yang menawarkan secara On Line Mudah sedekah secara online dengan Marimembantu maupun Konvensional. Banyak tanggapan dari para pemberi zakat akan terbantunya dalam mengeluarkan zakatnya lewat lembaga pengelola zakat.
  
Zakat sebagai tulang punggung perjuangan kekuatan agama islam dalam berjuang akan dapat berjalan dengan baik apabila kita semua, orang yang wajib memberi zakat dalam memberinya tidak dengan keterpaksaan akan tetapi lebih dilandasi dengan printah, baik printah dari Allah SWT maupun Nabi Muhamad Saw jadi secara tidak langsung sudah jadi kewajiban yang tidak bisa di tinggalkan.

Semoga kita semua termasuk dalam orang – orang yang mendapat karunia dan rezeqi Nya yang melimpah  dan tergolong orang yang mengeluarkan zakat, sehingga termasuk orang yang mensucikan harta bendanya dan sebagai rasa syukur akan karuania yang telah diberikan Nya Aminn Ya Robbal ‘Alamien.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar