selamat datang di blognya komarudin, S.Pd, silahkan nikmati layanan yang saya sediakan

Minggu, 15 Juli 2012

PENGARUH UNSUR HARA MEDIA TANAM TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN KACANG PANJANG (Vigna sinensis)


PENGARUH UNSUR HARA MEDIA TANAM TERHADAP PERTUMBUHAN
TANAMAN KACANG PANJANG (Vigna sinensis)
 
part.1
 
PENDAHULUAN
A.    Latar belakang
Pertumbuhan dan perkembangan merupakan dua proses yang berjalan sejajar dan berdampingan.Pertumbuhan merupakan proses pertambahan ukuran yang tidak dapat kembali ke asal (irreversibel), yang meliputi pertambahan volume dam pertambahan massa. Selain disebabkan pertambahan ukuran sel, pertumbuhan juga terjadi karena pertambahan jumlah sel. Sedangkan Perkembangan adalah proses menuju tercapainya kedewasaan,pada tumbuhan perkembangan ditandai dengan munculnya bunga atau buah.
Faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan danperkembangan dapat dibedakan menjadi faktor dari dalam dan faktor dari luar tubuh.Faktor dalam yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan berasal dari dalam tubuh makhluk hidup sendiri. Yang termasuk kategori ini adalah faktor gen dan keadaan hormonal.Gen adalah substansi/materi pembawa sifat yang diturunkandari induk. Gen mempengaruhi ciri dan sifat makhluk hidup,misalnya bentuk tubuh, tinggi tubuh, warna kulit, warnabunga, warna bulu, rasa buah, dan sebagainya. Gen juga menentukan kemampuan metabolisme makhluk hidup,sehingga mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangannya.Hormon merupakan zat yang berfungsi untuk mengendalikanberbagai fungsi di dalam tubuh. Meskipun kadarnyasedikit, hormon memberikan pengaruh yang nyata dalam pengaturan berbagai proses dalam tubuh. Hormon yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan padamakhluk hidup beragam jenisnya.Hormon pada tumbuhan sering disebut fitohormon atau zat pengatur tubuh. Beberapa di antaranya adalah auksin,sitokinin, giberelin, etilen, dan asam absisat.Faktor luar yang mempengaruhi proses pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup berasal dari faktor lingkungan.(Wasis, Sugeng Yuli Irianto,2008).
Pada praktik budidaya tanaman kita sering dihadapkan pada masalah pertumbuhan tanaman tidak normal, yaitu tanaman kerdil, warna daun berubah dan kematian organ tanaman seperti daun, bunga dan buah yang ditandai dengan kerontokan.
Apabila tidak ada organ lain yang menyebabkan gangguan atau kelainan pertumbuhan tersebut, maka kelainan pertumbuhan itu disebabkan adanya kekurangan/kelebihan salah satu atau beberapa unsur hara yang dibutuhkan tanaman.  Kelainan tumbuhan gejala-gejala kekurangan unsur dikemukakan dalam uraian di bawah ini.
Dengan menggunakan hara, tanaman dapat memenuhi siklus hidupnya. Fungsi hara tanaman tidak dapat digantikan oleh unsur lain dan apabila tidak terdapat suatu hara tanaman, maka kegiatan metabolisme akan terganggu atau berhenti sama sekali.Untuk mengetahui media yang cocok dalam pertumbuhan tanaman kacang panjang maka dilakukan sebuah percobaan dengan menggunakan media yang berbeda dan tentunya jumlah kandungan unsur hara pada beberapa media tersebut juga tidak sama.
Kacang panjang merupakan jenis sayuran yang dapat dikonsumsi dalam bentuk segar maupun diolah menjadi sayur, memiliki kandungan gizi yang cukup lengkap (protein,lemak,karbohidrat,kalsium,fosfor,besi,vitamin B dan C).Sehingga apabila kita dapat menemukan media yang cocok dalam pertumbuhan kacang panjang maka sangat bermanfaat karena tanaman kacang panjang dapat membantu melengkapi gizi bagi tubuh kita.
B.     Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang diatas ,dalam penelitian ini permasalahan yang akan dikaji adalah untuk mengetahui peranan unsur hara yang terkandung pada media tanam terhadap pertumbuhan kacang panjang.
Pada pembelajaran ipa biologi pertumbuhan dan perkembangan yang dipengaruhi faktor internal dan eksternal akan dipelajari saat memasuki kelas delapan( VIII) semester ganjil dengan percobaan ini akan menjadikan pengalaman baru bagi kita.
C.    Tujuan Penelitian
Untuk  mengetahui pengaruh faktor abiotik lingkungan terutama kandungan unsur hara dalam media tanam  terhadap pertumbuhan  tanaman  kacang  panjang.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar